Selasa, 30 Oktober 2012

Vehicle Speed Sensor AL4 Peugeot 206

Makin lama makin rembes aja Vehicle Speed Sensor Gearbox nya. Fungsi si sensor sebenarnya tidak terlalu vital, hanya memberitahu ke speedometer tentang kecepatan kendaraan. Tapi karena rembesnya semakin menjadi. Oke lagi ada waktu luang, kita buka sensornya.

Kondisi VSS sudah dibuka. Cara bukanya juga gampang, tinggal pake obeng bintang. Cuman posisinya emang agak susah. Yang jelas air hose harus dibuka terlebih dulu. Dan jangan lupa pake senter karena dibagian itu lumayan gelap. 
Untuk membuka VSS berdasarkan dari web luar, ritualnya sebagai berikut:
  1. Jangan menguras oli matic nya, jadi proses membuka VSS kondisi oli seperti biasa. Tidak akan luber olinya tenang saja.
  2. Cabut kutub + aki
  3. Silahkan dicabut VSS nya, pelan-pelan ya.
Seal VSS sudah tipis banget. Hampir rata dengan body plastiknya. Ini dia penyebab rembesnya oli matic. Rencana awal mau ganti sealnya aja, tetapi ternyata seal ori tidak dijual terpisah dengan VSS nya. Mau beli seal universal, daya tahannya pasti tidak sebagus seal ori nya. Akhirnya diputuskan pake sealant saja.

Ujung bawah VSS sudah dikasih lem sealant. Lem ini apabila sudah kering akan membentuk suatu silikon karet kenyal yang tahan panas. Meskipun hasilnya jadi keliatan kurang rapi, tapi daya tahannya lumayan. Oya, jangan sampai si sealant terkena bagian berputar dari VSS nya ya. Bisa membuat macet ntar gak bisa puter. Sesudah itu dipasang lagi, dirapetin mur nya. Kalau pengen hasil terbaik, lem akan kering dikisaran waktu 24 jam. Jadi sebelum 24 jam mobil jangan dipakai/dinyalakan. 
Setelah 24 jam, mobil ditest drive, aman tidak ada rembesan lagi. Sip.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar