Sabtu, 13 Oktober 2012

Centre Bearing Pecah

     Sebenarnya sudah lama gejala ini saya rasakan di Peugeot 206 ini. Gejala awalnya apabila mobil melewati hujan atau genangan air yang cukup dalam, maka tidak lama akan terdengar bunyi "cetek" apabila digas, ataupun gas dilepas. Bunyi nya seperti besi yang beradu dengan besi. Sempat cek ke bengkel (understeel), mereka intip2 bagian kaki-kaki, coba putar-putar roda, katanya semuanya masih baik-baik saja. Karena gejalanya hanya terjadi ketika hujan, akhirnya saya pun lupa soalnya lagi musim kemarau :D 
     Akhirnya musim hujan pun datang lagi, dan bunyi itu semakin sering terjadi waktu hujan. Akhirnya saya coba mengolong dibawah mobil, ini pun susah sekali melihatnya, karena bagian bawah tertutup engine deck. Setelah proses kolong-mengolong saya melihat dibagian centre bearing yang keliatan bearing nya (harusnya kan gk keliatan bearingnya ya??) hehehe.. Eh kok ternyata si engine mounting bawah juga sudah retak. halah..
Sebenarnya kondisi karet engine mounting bawah retak-retak seperti gambar diatas masih belum berpengaruh terhadap performa, tapi sekalian aja benerinnya, bongkarnya susah soalnya.

Terlihat tutup bearing yang sudah pecah dan lepas entah kemana, kelereng bearingnya pun sudah tidak lengkap lagi. Tapi kalau diputar masih bisa lancar, itulah sebabnya mobil dipakai masih terasa tidak masalah, cuma terdengar bunyi-bunyi saja.

Engine mounting ori Merk SASIC

Centre Bearing KW merk NTN

Proses pemasangan kedua item tersebut tergolong tidak terlalu mudah juga. Karena untuk memasukkan engine mounting ke pangkon/dudukan engine mounting harus menggunakan mesin press, karena rentan pecah/patah apabila diketok-ketok pakai palu. Begitu juga memasukkan centre bearing kedalam as roda, susah euy. Tapi tukang bubut bisa melakukannya, sayang saya gak lihat proses dia melakukan, sebenarnya agak takjub juga bagaimana centre bearing tersebut bisa masuk. :D

Sekarang si semut item 206 sudah tidak bunyi-bunyi lagi dikala hujan turun atau menerabas banjir. Mantab.

Oya, buat yang butuh item tersebut bisa menghubungi saya  :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar