Senin, 15 Oktober 2012

Mounting Transmisi Matic Pecah

     Si semut item kalau digas dari awal jalan, terasa "ndet.. ndet" atau tenaga seperti tidak tersalur dengan sempurna. Trs satu lagi apabila kondisi berhenti, tuas matic di D, terasa sekali getaran seperti mendengung kadang-kadang. Mumet juga kira-kira darimana asal getaran itu, tapi anehnya apabila kendaraan jalan, tidak terasa getarannya. Hanya bila kondisi berhenti, tapi persneling masih di D. Karena engine mounting udah ganti, mounting engine bawah juga ganti, akhirnya coba ganti mounting transmisi. Karena dulu awal beli, pernah turun girbox, dan kata si montir, mounting transmisi udah retak-retak, sekarang pasti udah pecah. :D

     Kali ini proses penggantian mounting transmisi dikerjakan secara DIY (dikerjakan sendiri).

     Pertama bongkar dudukan aki, gampang bongkarnya, tinggal lepas-lepas baut dan kawan-kawannya. Apabila dudukan aki sudah lepas, akan terlihat mounting transmisinya.

Berantakan sekali kabelnya, hadeeew..
(Messy wires)

Mounting Transmisi terlihat sudah sobek sebagian
(transmission mounting seen partially torn)

Mounting yang lama dan yang baru
(the old and new one)

Eits sebelum ganti mounting transmisi, jangan lupa engine deck dilepas dulu. Karena saat mounting dilepas, gearbox AL4 akan turun sedikit, dan ini harus disokong dengan dongkrak biar gak turun si gearbox.
(berat benerr nih engine deck)
(before changing the transmission mounting, dont forget to remove the engine deck. Because when mounting remove, the gearbox will shift slightly down and this must supported by a jack not to fall, engine deck is one heavy metal)

Nah kan miring jadinya, kalau sudah gini, masukin mounting transmisi yang baru jadi susah. Gearbox harus didongkrak dari arah depan, supaya gearbox mundur sedikit kebelakang, jadi si mounting bisa masuk.
Nahh sip, udah masuk, tinggal dirapetin. Dan pasang dudukan aki lagi, akinya juga. 
Kondisi mounting transmisi yang lama, udah sobek karetnya
(old mounting transmission)
Mounting Transmisi Matic Baru merk KLEBER

Selesai penggantian, eh ternyata gejala "ndet-ndet" di gigi awal masih ada, dan masih getar kalau kondisi berhenti tapi di persneling D. Berarti bukan mountingnya nih, gearbox nya yang bermasalah. Hiks hiks

Next, bongkar body valve AL4. Tapi ntar-ntar ya, masih belum ada waktu nih :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar