Selasa, 23 Oktober 2012

Ganti radiator peugeot 206 ori valeo

Sharing cerita sebelum lebaran kemaren. Waktu itu si semut item baru saja di Overhaul karena munculnya asap di knalpot, dan berkurangnya oli. Mungkin OH si semut akan dibahas di lain kesempatan ya. Sekarang saya mau ngomongin si radiator. Nah pasca OH, sistem nya dikembalikan seperti semula, misal thermoswitch highfan yang diambil, jadi highfan akan nyala di suhu 105 derajat celcius. low fan akan nyala di 95 derajat celcius. Nah mungkin karena faktor umur juga, si radiator sudah gak kuat menahan tekanan coolant di suhu tinggi. Karena itu jebol deh radiatornya. Muncul rembesan-rembesan pada cover atas radiator.

Bagian pinggir cover atas radiator keluar cairan coolant, kalau lama dibiarkan akan menggenang, dan menetes kebawah.

bagian samping juga rembes, jadi kalau dibiarkan bagian radiator atas memutar akan penuh dengan cairan coolant dan semakin banyak.

Ada yang menyarankan tutup cover atasnya diganti saja, dengan biaya kena nya sedikit lebih murah. Sekitar 500 ribuan. Setelah dipikir-pikir, kekuatan nya pasca diganti tentu tidak sekuat yang ori. Pasti gak lama akan rembes lagi. Dan keluar uang lagi. Akhirnya iseng-iseng coba dikasih sealant memutar di cover atas tersebut. 

Kalau diliat-liat bikin geli juga, hehehehe.. Iseng banget, dan hasilnya pun tetep rembes, meski gak separah sebelumnya. Akhirnya diputuskan ganti radiator aja ah. Ngeluu..

Karena stok untuk radiator matic sedang kosong, akhirnya pake radiator manual. Bedanya di ketebalan radiator itu sendiri. Kalau radiator matic, sedikit lebih tebal. Diatas gambar radiator ori VALEO harga 1,7 jt.
Beberapa orang tidak menyarankan untuk mengganti radiator matic menjadi radiator manual, menurut saya pertimbangannya tentu saja karena tekanan itu sendiri, radiator yang lebih besar, tekanannya akan sedikit lebih kecil dibanding radiator yang kecil. Tapi menurut saya sekali lagi bisa diakali hal tersebut, dengan cara membuat temperatur mesin jangan sampai lebih diatas 90 derajat celcius. Caranya pasang thermoswitch dan thermostat dicabut. Akan saya bahas kapan-kapan. Oya, dikarenakan ada kecurigaan juga pada tutup cap radiator yang di reservoir, part itu juga saya ganti demi keamanan.

Sekarang si semut item adem ayem, suhu maksimal 85 derajat celcius.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar