Rabu, 05 Desember 2012

Kompresor AC Jebol juga

     Ini dia salah satu part yang mahal yang harus dibayar kali ini. Hiks. Yap, kompresor si semut item akhirnya divonis koit, alias udah jebol. Proses awalnya seperti ini, di awal2 memang sudah terjadi kebocoran di evaporatornya, saya sering mengisi freon di kisaran tiap 3-4 bulan sekali. Sekalinya di isi udah dingin banget, jadi saya cuekin aja. Sudah beberapa kali seperti itu, hampir 2 tahun berjalan. Dan kali ini setelah di isi freon, eh kok masih gak dingin juga.Akhirnya ke bengkel spesialis ac, dicek tekanan kompresor yang masuk dari evap, eh tekanannya terlalu besar kata dia, artinya kompresor udah gak vakum lagi. 
     Setelah diurut permasalahannya, ternyata karena kebocoran oli yang ikut bersama freon yang keluar. Jadi selama ini saat pengisian freon, seharusnya diikuti dengan pengisian oli kompresor. Eh tapi sama si bengkel, cuman di isi freon aja, ya alhasil beginilah jadinya. Si kompresor bekerja dengan keras tanpa adanya oli, jadi terkikis habis besi2 nya menjadi gram2 yang kemudian menjalar ke semua bagian pipa ac. Untuk mengobati penyakitnya, tidak cukup hanya dibelikan kompresor baru, tapi bagian2 dari AC juga harus diganti, karena apabila tidak, umur si kompresor tidak akan lama juga, karena akan buntu oleh sisa gram2 besi tersebut. Pusing kan.. Tapi ya gimana lagi, sudah terlanjur sayang. 

Kompresor yang digunakan di Peugeot 206 adalah tipe SANDEN, brand new ORI.

Kondensor saya beli yang KW merk PACO, yang ori harganya ngerii, hampir sama kyk kompresornya. Kenapa saya beli yang KW, karena fungsi kondensor hanya untuk mendinginkan freon cair dari kompresor, tidak lebih. Sedang fungsi kompresor agak rumit, membutuhkan bahan-bahan yang berkualitas supaya tidak cepat rusak.

 

Dan yang gak kelupaan harus diganti adalah Dryer, tapi gak ada gambarnya nih. Di inet banyak kok, silahkan di search aja. Semua selang-selang AC dibersihkan menggunakan cairan pembersih khusus, supaya ilang itu si gram-gram besi hasil gesekan kompresor.

Harga: Kompresor ori sanden: Rp 2.975.000 (harga fluktuasi)
Kondesor aftermarket merk PACO Rp1.200.000
Drier: 200rb an aftermarket

Sekarang AC maknyus kembali. sip.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar